There is no problem given out from your ability

Rabu, 03 April 2013

Resensi Novel Merpati Biru


Resensi Novel Merpati Biru
Identitas Buku
Judul                           : Merpati Biru
Penulis                         : Achmad Munif
Penerbit                       : Navila
Tahun Terbitan            : 2000
Dimensi                       : 18cm x 12cm
Tebal Halaman            : x + 284

Diresensi oleh Khoirul Anam

Sinopsis
Ken Ratri adalah mahasiswi disalah satu Perguruan Tinggi di Jogja, ia berasal dari Mojokerto Jawa Timur. Ia mempunyai seorang adik perempuan yang bernama Maya, yang sangat disayanginya.
Keluarga mereka dulu sangatlah berkecukupan karena Perusahaan kecap Ayahnya yang sangat maju. Namun akhirnya berbanding terbalik, Perusahaan Ayahnya  bangkrut. Akhirnya sang Ayah setiap hari-harinya hanya berdiam diri meratapi nasib karena kehilangan pekerjaannya dan juga karena melihat sang Ibu shock yang kemudian harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa.
Kehidupan Ken Ratri kemudian sangatlah berat, ia harus membiayai kedua orang tuanya dan juga menyekolahkan adiknya. Ia harus menjadi tulang punggung keluarga. Namun jalan yang dipilih Ken Ratri sangatlah menyimpang, ia bekerja sebagai merpati biru yang tidak bedanya dengan seorang pelacur. Ia harus menjalani hari-harinya yang sebenarnya tidak diinginkan.
Ken Ratri menyembunyikan semua itu kepada keluarga termasuk adiknya, ia tidak tahu sampai kapan akan menyembunyi semua itu. Tapi ia sadar tidak ingin selamanya menjalani profesi seperti itu. Ia akan berubah sewaktu-waktu, karena ia sendiri tahu bahwa yang dilakukannya adalah salah.
Dan sewaktu-waktu perbincangan mahasiswi yang melakoni profesi sebagai Merpati Biru dikampusnya mencuat, banyak orang-orang yang membicarakannya. Sampai pada akhirnya Maya pun tahu apa yang selama ini dilakukan oleh sang kakak, karena Maya juga satu kampus bersamanya.
Ia tidak tahu harus menjelaskan apa kepada Maya, tapi ia mengungkapkan bahwa ia akan berhenti menjalani profesi sebagai merpati biru. Karena ia sendiri sudah berjanji kepada dirinya sendiri sebelum adiknya Maya mengetahui profesinya. Ia terdorong untuk berubah setelah menengok kedua orang tuanya dikampung halaman yang sekarang telah sembuh dan rajin menjalankan ibadah, tidak seperti dulu ketika perusahaannya masih maju. Ia tersadar bahwa semua orang pasti bisa menjadi baik jika memang mau merubahnya.
Dan atas dukungan dari sahabatnya Fatimah dan kekasihnya Satrio, Ken Ratri sekarang kembali ke dalam jalan yang benar yang dikehendaki oleh Allah SWT. Ia  hidup bahagia bersama orang-orang yang selalu ada disekelilingnya, yang ia sayangi.

Kelebihan
·        Merupakan novel yang memberikan banyak pembelajaran tentang kehidupan.
·       Gaya bahasa yang ringan dan alur cerita yang mudah dimengerti membuat pembaca seakan dapat melihat apa yang ingin diperlihatkan penulis novel.
·        Sarat akan pengetahuan.

Kekurangan
·        Latar yang digunakan kurang variatif

Kebermanfaatan
·      Novel yang satu ini pantas dibaca oleh siapa saja, yang mana memberikan banyak pengetahuan yang dapat kita ambil hikmahnya.

1 komentar: