There is no problem given out from your ability

Rabu, 03 April 2013

Tentang Shalat Jum'at


SHALAT JUM’AT



A.  Arti Definisi / Pergertian Shalat Jumat.
Shalat Jum'at adalah ibadah shalat yang dikerjakan di hari jum'at dua rakaat secara berjamaah dan dilaksanakan setelah khutbah.

B.  Hukum Shalat Jum'at.
Shalat Jum'at memiliki hukum wajib 'ain bagi laki-laki / pria dewasa beragama islam, merdeka dan menetap di dalam negeri atau tempat tertentu. Jadi bagi para wanita / perempuan, anak-anak, orang sakit dan budak, shalat jumat tidaklah wajib hukumnya.
Shalat jum’at bukan pengganti shalat dzuhur. Orang yang ketinggalan wajib mendirikan shalat dzuhur empar raka’at.

C.  Waktu shalat Jum’at
Waktu shalat Jum’at sama dengan waktu shalat dzuhur, yaitu sejak matahari tergelincir hingga ukuran bayangan suatu benda sama dengan bendanya. Jadi, menurut Hanafiah dan Syafi’iah, shalat Jum’at tidak sah dilaksanakan sebelum atau sesudah waktu ini. Hambaliah dan Malikiah menyangkal pendapat ini. Apabila waktunya habis, sedangkan orag-orang masih melaksanakan shalat Jum’at, ulama berbeda pendapat tentang sah-tidaknya shalat itu. Menurut Hanafiah, shalat mereka batal dengan habisnya waktu sebab mereka telah kehilangan syarat sekalipun mereka sudah duduk dalam tasyahud. Menurut Syafi’iah, jamaah yang mendirikan shalat jum’at ketika waktunya masih sangat cukup, tetapi mereka memanjangkan shalat hingga waktunya habis, shalat mereka tidak batal. Namun, hendaknya shalat itu disempurnakan empat rakaat menjadi shalat dzuhur tanpa menambah niat shalat dzuhur. Jadi, imam yang memimpin shalat hendaknya menyamarkan sisa bacaannya. Haram bagi mereka membatalkan shalat guna memulai shalat dzuhur dari awal. Apabila mereka memulai shalat jum’at setelah waktunya sempit dengan dugaan bahwa waktunya masih cukup, tetapi ternyata tidak sehingga waktunya habis ketika mereka tangah melaksanakan shalat Jum’at, shalat itu batal dan tidak boleh dialihkan menjadi shalat dzuhur.
Menurut Hambaliah, apabila mereka memulai shalat jum’at pada akhir waktu, kemudian waktunya habis, sedangkan mereka masih melaksanakan shalat, hendaklah mereka tetap menyempurnakan shalat jum’at itu. Adapun menurut Malikiah, jika shalat jum’at dimulai pada saat yang masih diyakini bisa dilakukan dengan sempurna, tetapi ternyata matahari terbenam sebelum shalat itu selesai dan sudah mendirikan satu rakaat, silahkan sempurnakan hingga akhir. Akan tetapi, boleh juga disempurnakan menjadi empat rakaat shalat dzuhur.

D.  Syarat Sah Melaksanakan Shalat Jumat
1.      Shalat jumat diadakan di tempat yang memang diperuntukkan untuk shalat jumat. Tidak perlu mengadakan pelaksanaan shalat jum'at di tempat sementara seperti tanah kosong, ladang, kebun, dll.
2.      Minimal jumlah jamaah peserta shalat jum'at adalah 40 orang.
3.      Shalat Jum'at dilaksanakan pada waktu shalat dhuhur / zuhur dan setelah dua khutbah dari khatib.


  1. Ketentuan Shalat Jumat
Shalat jumat memiliki isi kegiatan sebagai berikut :
1.      Mengucapkan hamdalah.
2.      Mengucapkan shalawat Rasulullah SAW.
3.      Mengucapkan dua kalimat syahadat.
4.      Memberikan nasihat kepada para jamaah.
5.      Membaca ayat-ayat suci Al-quran.
6.      Membaca doa.


  1. Hikmah Shalat Jum'at
1.  Simbol persatuan sesama Umat Islam dengan berkumpul bersama, beribadah bersama dengan barisan shaf yang rapat dan rapi.
2.    Untuk menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antar sesama manusia.
3.   Semua sama antara yang miskin, kaya, tua, muda, pintar, bodoh, dan lain sebagainya.
4.      Menurut hadis, doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT akan dikabulkan.
5.      Sebagai syiar Islam.

  1. Sunat-Sunat Shalat Jumat
1.      Mandi sebelum datang ke tempat pelaksanaan sholat jum at.
2.  Memakai pakaian yang baik (diutamakan putih) dan berhias dengan rapi seperti bersisir, mencukur kumis dan memotong kuku.
3.      Memakai pengaharum / pewangi (non alkohol).
4.      Menyegerakan datang ke tempat salat jumat.
5.      Memperbanyak doa dan salawat nabi.
6.   Membaca Alquran dan zikir sebelum khutbah jumat dimulai.

6 komentar:

  1. sholat 5 (subuh,dhuhur,ashar,maghrib,isya) wajib
    shalat jumat wajib

    sebelumnya saya mohon maaf tidak bermaksud menyakiti pihak manapun ini adalah ilmu yang saya pelajari
    alasan kenapa shalat jumat mengganti dhuhur
    1. Alloh hanya mewajibkan 5 KALI sholat
    - matan hadistnya bukan lima kali tapi LIMA SHOLAT
    - kalau di pahami KALI maka boleh dikatakan sholat jenazah pengganti solat subuh,atau dhuhur, atau ashar, atau maghrib, atau isya,
    - kalau ada jenazah disholati maka orang tersebut tdk dikatakan shalat 6 tapi sholat 5 + sholat ied
    - kalau sholat jumat wajib dhuhur juga wajib juga bkn berarti shalat 6 tapi sholat 5 + sholat Ied (jumat
    - kalau jumat pengganti dhuhur justru tdk sholat 5 tapi sholat 4 + sholat dhuhur)
    - dari segi jumlah sholat lima ya sholat lima (subuh dhuhur ashar maghrib isya)
    - tentang sholat lima adalah ketetapan Alloh dalam Mi'roj Rosululloh dan tdk akn di ganti

    2- knpa yg diganti jumat itu dhuhur kok bnukan ashar atau isya atau subuh atau maghrib
    -karena kurang memahami waktu sholat jumat, berdasarkan dalil2 yg ada waktu sholat jumat itu HARI jumat
    - jumat di waktu dhuhur sama halnya sholat menghadap arah barat (bukan kiblat)
    - ayat terakhir annisa 103 sholat didirikan atas waktunya MASINGMASING artinhya tdk mungkin sholat satu menempati sholat lain, yang mungkin bertepatan
    - sholat ibadahnya dhuhur waktunya
    - sholat ibadahnya jumat waktunya
    - sholat ibadahnya jenazah waktunya
    - setiap sholat pasti dinamakan berdasarkan waktu.
    - artinya alasan jumat pengganti dhuhur dari segi waktu itu tdk kuat atau terbantahkan

    3- meninggalkan sholat dhuhur karena tidak disyariatkan sholat dhuhur setelah jumat
    - itu karena berdasar dalil sholat lima tapi dari dalil sholat jumat
    - harusnya mencari dalil sholat dhuhur ya di dalil sholat lima bukan dari dalil sholat jumat
    - kenapa tdk ada hadist nabi yang tetap mewajibkan dhuhur, justru karena tidak ada hadist karena zaman rosululloh tidak ada masalah sholat jumat pengganti dhuhur muncul pada masa ulama madzhab menurut kitab tanwirul qulub fii muamalah alamil ghuyub

    4- menurut saya berdasarkan dalil2 dan setelah mempelajari keduanya (pengganti dan bukan pengganti):
    - lebih kuat bukan pengganti
    - yang mengeluarkan dalil serta alasan harus yang meninggalkan dhuhur bukan yang tetap wajib dhuhur
    - karena hukum asalnya sholat dhuhur dan jumat sama2 wajib
    - jika benar sholat jumat pengganti dhuhur akan bertabrakan dengan logika serta bertentangan denggan sholat2 lain artinya hukum islam hancur
    - insya Alloh jika kita tmenyampingkan emosi dan mau mempelajari lebih dalam, akan menemukan jalan
    - jangan ikuti pendapat saya tapi silakan diteliti sendiri dan diskusikan bersama ummat muslim lain dan yang terakhir
    - janganlah berTaklid dan mengikuti satu pendapat saja sesungguhnya dasar islam hanya Al Quran dan AS Sunnah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan Sholat Dhuhur dengan Sholat Jum-at


      DUA DALIL CUKUP
      Untuk membuktikan kekeliruannya orang yang tidak mengerjakan Sholat Dhuhur pada hari Jum'at dengan alasan dia telah mengerjakan Sholat Jum'at.
      ~¤~ SATU ~¤~
      Qoola Rosululloh SAW: "Annalloha ta'aala qod iftarodho 'alaihim khomsa sholawaatin fii kulli yaumin wa lailatin." (An Ibnu Abbas Rowahul Bukhori/jilid I/bab Wujubuz Zakat hal 242)
      Bersabda Rosululloh SAW : "Sesungguhnya Alloh Ta'aala itu sungguh sungguh memfardhukan atas mereka lima kali sholat dalam tiap tiap hari dan malam,"
      KANDUNGAN DALIL INI
      Iftarodho 'alaihim (mewajibkan atas mereka)
      Maksud "mereka " adalah mereka orang orang Islam,hamba sahaya, sehat, sakit, tua, muda, musafir, mukim, bangun, tidur, lupa, ingat, dimana saja, keadaan bagaimanapun.
      Khomsa sholawatin
      (lima kali sholat)
      Mengandung ketetapan ketetapan yaitu:
      1. Tidak boleh lebih dari lima kali.
      2. Tidak boleh kurang dari lima kali.
      3. Tidak boleh diganti, baikpun namanya maupun tata caranya.
      4. Tidak akan dihapus meskipun satu kali, untuk selama lamanya.
      5. Tidak ada rukhshoh bagi sholat fardhu lima kali.
      Fikulli yaumin walailatin (dalam tiap tiap hari dan malam)
      Dalam kalimat kulli yaumin walailatin mengandung ketentuan:
      1. Sholat fardhu lima kali tersebut jelaslah maksudnya sholat fardhu Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya', Shubuh, sebab tidak ada sholat fardhu lima kali yang wajib dikerjakan tiap tiap hari kecuali sholat sholat tersebut.
      2. Lafadz: KULLI YAUMIN WALAILATIN, tidak menyebut nama hari: Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, hanya disebut tiap tiap hari dan malam. Ini menunjukkan mutlak segala hari dari hari Ahad sampai hari Sabtu. Tidak boleh ada satu hari pun yg boleh kurang dari sholat fardhu lima kali tersebut, meskipun pada hari JUM'AT.
      ~¤~ DUA ~¤~
      "LISHSHOLAATI MIN YAUMIL JUMU'ATI"
      "Untuk mengerjakan sholat pada hari Jum'at." (QS. Jumu'ah 9)
      Ayat ini mengandung ketentuan ketentuan :
      1. Umat Islam di perintahkan mengerjakan sholat selain sholat fardhu yg lima kali yaitu tiap tiap 7 hari sekali.
      2. Dalam ayat ini namanya hari disebutkan yaitu yaumul Jum'at.
      3. Mengandung ketentuan, tidak boleh di lain hari Jum'at.
      4. Mengandung ketentuan, waktunya pada waktu yaumul Jum'at penuh, bukan di waktu pagi, bukan diwaktu tengah hari, bukan di waktu sore, bukan di waktu qoblaz zawal, bukan di waktu ba'daz zawal, atau ba'dadh Dhuhur bukan di waktu Ashar, melainkan waktunya di yaumil Jum'at.
      5. Mengandung ketentuan, bahwa sholat Jum'at itu bukan sholat KULLI YAUMIN WALAILATIN akan tetapi khusus YAUMIL JUM'AT, bukan sholat LAILATIL JUM'AT.

      Hapus
    2. PERTANYAAN PERTANYAAN
      1. Apakah pernah Rosululloh memerintahkan sholat Dhuhur setelah sholat Jum'at ?
      Jawab: Sholat Dhuhur tidak di syariatkan waktunya setelah sholat Jum'at.
      2. Apakah dalil dalam Al Qur_an maupun Hadits yg menerangkan sholat Dhuhur setelah sholat Jum'at ?
      Jawab: Sholat Jum'at tidak disyariatkan mengerjakan sekaligus sholat Dhuhur.
      3. Apakah pernah Rosululloh mengerjakan sholat Dhuhur setelah Jum'at ?
      Jawab: Oleh sebab itu tidak pernah Rosululloh atau para sahabatnya sholat Dhuhur setelah sholat Jum'at, dan pula tidak pernah memberikan contoh sholat Jum'at sekaligus sholat Dhuhur.
      4. Apakah pernah Rosululloh atau para sahabatnya mengerjakan sholat Jum'at sekaligus sholat Dhuhur ?
      Jawab: Yang ada, pernah dalam syariat Islam yaitu pernah sholat Dhuhur di tiap tiap waktu Dhuhur disegala hari. Dan pernah sholat Jum'at di tiap tiap hari Jum'at. Oleh sebab itu, yg ada contoh dari Rosululloh yaitu: Sholat Dhuhur di tiap tiap waktu Dhuhur, dan contoh sholat Jum'at di tiap tiap hari Jum'at.
      PERTANYAAN SEBALIKNYA
      1. Manakah dalil Al Qur'an maupun Hadits yg menerangkan, sholat Dhuhur terhapus pada tiap tiap hari Jum'at ?
      2. Manakah dalil Al Qur'an maupun Hadits yg menerangkan, sholat Jum'at itu gatinya sholat Dhuhur ?
      3. Manakah dalil Al Qur'an maupun Hadits yg menerangkan, gugur kewajiban sholat Dhuhur pada hari Jum'at itu bagi orang yg mengerjakan sholat Jum'at ?
      4. Manakah contoh dari Rosululloh / para sahabat Nabi, tidak mengerjakan sholat Dhuhur ?

      Hapus
    3. PERBEDAAN PERBEDAAN ANTARA SHOLAT DHUHUR DENGAN SHOLAT JUM'AT
      1. Sholat Dhuhur turun perintahnya waktu Rosululloh di Makkah.
      Sholat Jum'at perintahnya turun di Madinah.
      2. Sholat Dhuhur perintahnya di terima di Sidrotul Muntaha.
      Sholat Jum'at perintahnya di terima di bumi.
      3. Sholat Dhuhur wajib atas segala ummat Islam.
      Sholat Jum'at tidak wajib untuk seluruh ummat Islam.
      4. Sholat Dhuhur wajib atas kaum wanita.
      Sholat Jum'at tidak wajib atas kaum wanita.
      5. Sholat Dhuhur wajib atas kaum hamba sahaya.
      Sholat Jum'at tidak wajib atas hamba sahaya.
      6. Sholat Dhuhur wajib atas orang yang sakit.
      Sholat Jum'at tidak wajib atas orang sakit.
      7. Sholat Dhuhur wajib atas orang orang musafir.
      Sholat Jum'at tidak wajib atas orang musafir.
      8. Sholat Dhuhur wajib atas orang yg lupa.
      Sholat Jum'at tidak wajib bagi orang yg lupa.
      9. Sholat Dhuhur wajib atas orang yg 'udzur karena ketiduran.
      Sholat Jum'at tidak wajib bagi orang yg ketiduran.
      10. Sholat Dhuhur tetap wajib bagi orang yg 'udzur.
      Sholat Jum'at boleh ditinggalkan bila 'udzur.
      11. Sholat Dhuhur ditinggalkan dengan sengaja meskipun satu kali menjadi kufur.
      Sholat Jum'a t ditinggalkan satu/dua kali tidak jdai kufur.
      12. Sholat Dhuhur tidak ada rukhshoh bagi orang yg sholat idul Fithri dan idul Adlha.
      Sholat Jum'at ada rukhsoh bagi orang yg mengerjakan sholat idul Fithri dan Adlha.
      13. Sholat Dhuhur bisa di jama' dgn sholat ashar.
      Sholat Jum'at tdk ada jama' baginya.
      14. Sholat Dhuhur bisa di qoshor.
      Sholat Jum'at tdk ada qoshor baginya.
      15. Sholat Dhuhur tdk memakai khutbah.
      Sholat Jum'aj memakai khuthbah.
      16. Sholat Dhuhur bacaannya suratnya dgn samar.
      Sholat Jum'at bacaanya suratnya jelas/keras.
      17. Sholat Dhuhur wajib tiap tiap hari.
      Sholat Jum'at hanya 7 hari sekali.
      18. Sholat Dhuhur waktunya mulai gelincir matahari sampai bayangan sama dgn panjang badan orangnya.
      Sholat Jum'at waktunya 12 jam.
      19. Sholat Dhuhur kedudukannya sebagai tiang agama.
      Sholat Jum'at kedudukannya sebagai sholat ied tiap tiap 7 hari.
      20. Seluruh umat Islam tdk ada yg berselisihan mengenal hukumya sholat Dhuhur yaitu Fardhu 'Ain.
      Hukumnya sholat Jum'at umat Islam tdk sama pendapatnya ada yg mengatai : Fardhu 'ain, Fardhu kifayah dan Sunnah.
      21. Rosululloh tidak pernah meninggalkan sholat Dhuhur.
      Tapi beliau pernah meninggalkan sholat Jum'at di waktu haji Wada'.
      22. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
      Meninggalkan sholat Jum'at satu kali tidak kufur.
      23. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
      Meninggalkan sholat Jum'at dua kali tidak kufur.
      24. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
      Meninggalkan sholat Jum'at tiga kali, bila ada udzur tidak munafiq.
      25. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
      Meninggalkan sholat Jum'at tiga kali, tanpa udzur barulah di catat munafiq.
      26. Waktu Dhuhur bukan waktu Ied.
      Hari Jum'at disebut juga hari ied atau hari raya.
      27. Sholat Dhuhur 7 hari iya 7 kali.
      Sholat Jum'at 7 hari cukup sekali.
      Setelah mengetahui perbedaan perbedaan antara SHOLAT DHUHUR dengan SHOLAT JUM'AT yg begitu banyaknya dan begitu menyoloknya, kita mengetahui bahwa SHOLAT DHUHUR tidak ada hubungan apa apa dengan SHOLAT JUM'AT. Adapun lelucon yg tidak lucu, orang bilang SHOLAT JUM'AT itu dikatakan sebagai gantinya SHOLAT DHUHUR. Lebih lebih lagi orang mengatakan pada hari JUM'AT dikatakan SHOLAT DHUHUR tidak disyari'atkan lagi.

      Hapus
  2. Alhamdulilah dengan membaca ini saya baru tahu bawa sesunguh alloh telah memberikan jalan terbaik pada hambanya amiin

    Kunjungi web kami di
    www.permataqadri.com

    BalasHapus
  3. hahaha saya pernah komen sebelumnya ternyata, jadi imam maliki berpendapat akhir waktu sholat jum'at adalah sebelum terbenam matahari ya? berarti kan waktu Jum'at tidak sama dengan waktu Dhuhur.....

    kemudian masalah menyempurnakan dengan dhuhur ini bagaimana? apakah dalam 1 sholat dibolehkan pergantian niat sholat yang berbeda?

    yang terakhir saya tidak sependapat jika sholat lima (Dhuhur) bisa diganti Jum'at begitu aja. silahkan analisa pendapat saya

    https://dhuhur-setelah-jumat.blogspot.co.id/

    BalasHapus